Corona Kembali Melonjak, Ruang ICU di Malaysia Hingga Penuh
Corona Kembali Melonjak, Ruang ICU di Malaysia Hingga Penuh

Corona Kembali Melonjak, Ruang ICU di Malaysia Hingga Penuh

Posted on

Kasus Covid-19 di negeri jiran, Malaysia kembali mengalami peningkatan. Peningkatan ini sudah terjadi selama dua minggu terakhir.

Hal ini membuat pemerintah setempat melakukan lockdown melalui perintah kontrol pergerakan (MCO). Saking meningkatnya kasus corona, ruangan ICU di beberapa rumah sakit Malaysia sampai penuh. Pada post kali ini BDNewsMix telah merangkumnya untuk Anda.

Kasus kali ini merupakan angka tertinggi di Malaysia sejak 24 Februari lalu. Kementerian Kesehatan Malaysia melaporkan jumlah kasus Covid-19 parah tertinggi saat ini, dimana 345 orang membutuhkan perawatan intensif (ICU) dan 175 pasien butuh bantuan ventilator. 

Dilansir dari laporan Malay Mail, Malaysia, jumlah pasien yang kritis naik hingga 62% dalam dua minggu. Hal ini menyebabkan ICU kewalahan sebab terisi penuh oleh pasien Covid-19. Enam rumah sakit di Lembang Klang melaporkan sejumlah 70% ranjang ICU sudah terisi penuh. 

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan, Tan Sri Noor Hisham Abdullah juga menuliskan di Facebooknya bahwa RS Sungai Buloh, RS Kuala Lumpur, RS Ampang, RS Serdang, RS Selayang dan RS Tengku Ampuan Rahimah sudah mencapai 70% kapasitasnya dari jumlah keseluruhan, bahkan ada yang hampir mencapai 100%.

Dengan kapasitas ICU Universiti Malaya Medical Centre, kapasitas ruang ICU yang sekarang lebih dari 50%.

Dilansir dari Worldmenters, terhitung sampai bulan Mei lalu, ada 2.500 kasus harian baru positif Covid-19, dengan total kematian 18. Sehingga secara keseluruhan sudah ada 417.512 warga Malaysia yang terinfeksi virus corona dengan total kematian mencapai 1.551.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *