rekor baru kasus covid 19 di indonesia
rekor baru kasus covid 19 di indonesia

Rekor Baru Kasus Covid-19 di Indonesia

Posted on

Prestasi baru-baru ini sedang diraih oleh Indonesia. Pasalnya kasus virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia sudah tembus satu juta, yang mana ada penambahan 13.094 kasus baru. Sehingga total kasus mencapai 1.012.350. Ini merupakan sebuah capaian yang cukup memprihatinkan.

Dengan capaian tersebut, Indonesia menduduki posisi ke-4 dalam kasus positif Covid-19 tertinggi se-Asia. Menurut data dari asumsi.co 820.356 pasien dinyatakan sembuh, 28.468 pasien yang meninggal karena Covid-19, sementara untuk kasus aktif di Indonesia mencapai 163.526.

Jika dilihat, kasus penambahan Covid-19 di Indonesia memang terus ada. Namun, masyarakat seakan tidak memperhatikannya. Apalagi banyak yang melanggar protokol kesehatan yang sudah diberlakukan. Padahal, beberapa orang yang dinyatakan positif kesulitan mendapatkan fasilitas kesehatan akibat jumlah pasien yang terus melonjak. Belum lagi lahan untuk pemakaman semakin sempit, bahkan harus rela ditumpuk agar muat menampung mayat akibat Covid-19.

Dilansir dari bbc.com, pakar epidemiologi Griffith University, Dicky Budiman menyebutkan bahwa kondisi Jawa saat ini sudah memasuki “massa kritis”, serta memperkirakan bahwa selama dua bulan ke depan, seluruh Indonesia akan mengalami “massa kritis”. Dirinya juga menduga bahwa kasus yang terjadi saat ini sebenarnya tiga kali lipat lebih banyak dari data resmi milik pemerintah. 

Sadar maupun tidak sadar, penambahan kasus Covid-19 yang ada membuat beberapa orang terdekat atau di sekitar kita juga terkena virus ini. Mulai dari teman, saudara, bahkan keluarga. Dengan demikian, tentu kita sebagai masyarakat wajib meningkatkan kewaspadaan serta menerapkan berbagai protokol kesehatan yang sudah dianjurkan. 

Sudah adanya vaksin, bukan berarti kita bisa dengan bebas untuk lekas bepergian dan nongkrong kesana kemari. Namun, masih perlu melakukan protokol kesehatan serta menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Jangan pernah membuka masker ketika kamu masih berada di tempat umum, usahakan membuka masker hanya ketika berada di rumah dan dengan kondisi yang sehat tentunya. Selain itu, jangan lupa untuk rajin mencuci tangan, atau selalu membawa hand sanitizer saat bepergian kemanapun. Untuk menghindari kasus yang lebih banyak lagi, sebaiknya jangan berada ataupun mendatangi sebuah kerumunan, karena hal tersebut mampu membuat penularan virus Covid-19 lebih cepat dan lebih banyak jangkauannya.

Baca Juga : Damaikan Hati, BTS Mampu Bawakan Lagu Fix You Dengan Epik

Umumnya, gejala yang masyarakat ketahui ketika seseorang terjangkit virus ini yaitu demam tinggi, batuk, indra perasa dan penciuman yang mulai hilang. Jika kamu mengalami gejala yang demikian, sebaiknya kamu segera mengisolasi diri, bahkan melakukan tes swab jika perlu. 

Untuk kamu yang masih merasa bahwa diri kamu sehat-sehat saja, tentu tetap perlu hati-hati. Jangan menghiraukan protokol kesehatan. Rajin berolahraga, makan makanan yang sehat dan minum yang cukup, serta istirahat dengan teratur perlu diterapkan untuk menjaga tubuh kamu agar tetap vit dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *