terusan suez macet karena kapal super besar
Terusan Suez Macet Karena Kapal Super Besar

Terusan Suez Macet Karena Kapal Super Besar

Posted on

Berita global datang dari Terusan Suez yang berada di Mesir. Sebab, sebuah kapal kontainer raksasa yang lebarnya ditaksir mencapai 3 kali lebar lapangan sepakbola menyangkut secara horisontal di Terusan Suez.

Kapal tersebut menghalangi jalur lalu lintas yang ada di sana. Karena luar biasa besarnya, kapal ini sulit untuk dievakuasi, padahal kapal ini telah menyangkut.

Akibat dari menyangkutnya kapal ini, arus perdangan dunia mendapatkan dampaknya. Sebab, Terusan Suez ini mengangkut 10 persen perdagangan maritim global, yang sebagian besar mengangkut minyak dan biji-bijian.

Akibat terlambat dari segi pengirimannya, harga minyak mentah secara global pun mengalami penurunan, bahkan bisa dibilang anjlok. Sampai saat ini telah ada sekitar 200-an kapal yang berhenti karena jalur Terusan Suez yang tertutup oleh kapal kontainer super besar ini.

Baca Juga : Mantan Sekretaris Umum FPI, Munarman Ditangkap Polisi Akibat Dugaan Kasus Terorisme

Terusan Suez sendiri merupakan salah satu jalur perdagangan yang sangat sibuk. Lokasinya berada di sebelah barat Senenanjung Sinai dan menjadi terusan kapal sepanjang 163 km yang berada di Mesir.

Telah dibangun sejak tahun 1869, Terusan Suez ini menghubungkan Pelabuhan Sais di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah.

Terusan ini juga menjadi jalan pintas yang cukup penting antara Asia dan Eropa, sehingga kapal-kapal yang lewat tidak perlu mengelilingi Afrika. 

Baca Juga : #ProtectJISOO Jadi Trending di Twitter

Kapal tersebut bisa menyangkut sebab jarak pandang terbatas dan kecepatan angin yang mencapai 40 knot. Hal tersebut menganggu kendali kapal. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sampai saat ini juga sudah dikerahkan kapal keruk dan buldoser untuk bekerjsama sama mengevakuasi kapal raksasa ini.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *